Ratusan Calon Haji Cimahi Dilepas untuk Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Ibadah Haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan menjadi kewajiban bagi setiap Muslim yang memiliki kemampuan fisik dan finansial untuk melaksanakannya setidaknya sekali seumur hidup.

Haji dilakukan dengan mengunjungi Ka’bah di Mekah, Arab Saudi, dan melaksanakan serangkaian ritual selama periode tertentu dalam bulan Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Islam.

Ritual haji meliputi ihram, tawaf (mengelilingi Ka’bah), sa’i (berlari kecil antara bukit Safa dan Marwah), wukuf di Arafah, mabit (bermalam) di Muzdalifah, melempar jumrah di Mina, serta penyembelihan hewan kurban.

Haji tidak hanya merupakan perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah.

Seperti yang diketahui Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim terbanyak. Oleh karena itu Indonesia mendapat quota yang cukup signifikan dalam pelaksanaan Ibadah Haji dari pemerintah Arab Saudi.

Adapun Kota Cimahi memberangkatkan sekitar 202 calon haji pada hari ini , bertempat di Gedung S Parman Pusdikpom Cimahi. Pelepasan kloter ke 2 calon haji tersebut dilakukan oleh Sekda Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan.

Dikdik berpesan agar jemaah calon haji selalu menjaga kesehatan, seperti menjaga pola makan dan cukup istirahat agar dalam pelaksanaannya nanti berjalan dengan lancar.

Saya pesankan agar selalu menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan istirahat yang cukup.” kata Dikdik pada wartawan, Kamis (06/06/24).

Untuk itu tak lupa Dikdik mendo’akan jemaah calon haji menjadi haji mabrur dan kembali dengan selamat, tidak kurang suatu apapun.

” Saya do’akan semoga semuanya menjadi haji mabrur dan kembali dengan selamat ke tanah air.”ujarnya.

 

Berita Utama