Search
Close this search box.

Ridwan Kamil Hadiri Acara Pelantikan PJ Gubernur Jawa Barat

Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menghadiri pelantikan Pj Gubernur Jabar.

Nyaringindonesia.comGubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil (RK), tiba di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023), bersama sang istri, Atalia Praratya. Kedatangan mereka terjadi sekitar pukul 08.25 WIB. RK terlihat mengemudikan mobil Volvo berwarna biru sendiri.

Dalam pantauan di lokasi, RK memberikan keterangan kepada wartawan bahwa ia telah menyetir mobilnya sendiri dari Bandung, Jabar. Saat tiba di Kemendagri, ia mengenakan setelan jas hitam.

“Saya menyetir sendiri dari Bandung,” ujar RK kepada wartawan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk 10 Penjabat (Pj) Gubernur yang akan menggantikan kepala daerah yang telah memasuki masa pensiun pada tanggal 5 September 2023. Pelantikan 10 Pj Gubernur ini dijadwalkan dilaksanakan pada hari yang sama.

Koordinator Humas Setjen Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Tubagus Erif Faturahman, mengungkapkan bahwa pelantikan tersebut dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB di Kemendagri. Pelantikan ini akan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

“Besok pagi (sekarang) sekitar jam 08.00 WIB di Kemendagri akan dilakukan pelantikan terhadap para Penjabat Gubernur. Salah satunya adalah Sekjen Kemenkumham, Andap BR, yang telah ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara,” ungkap Tubagus Erif Faturahman kepada wartawan pada Senin (4/9).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 10 Penjabat (Pj) Gubernur yang akan menggantikan kepala daerah yang telah memasuki masa pensiun pada tanggal 5 September 2023. Berikut adalah nama-nama 10 Pj Gubernur yang dipilih oleh Jokowi:

1. Pj Gubernur Jawa Barat: Bey Machmudin
2. Pj Gubernur Jawa Tengah: Nana Sudjana
3. Pj Gubernur Sumatera Utara: Hassanudin
4. Pj Gubernur Bali: Sang Made Mahendra Jaya
5. Pj Gubernur Papua: Ridwan Rumasukun
6. Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT): Ayodhia Kalake
7. Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB): Lalu Gita Ariadi
8. Pj Gubernur Kalimantan Barat: Harrison Azroi
9. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara: Andap Budhi Revianto
10. Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel): Bahtiar Baharuddin

Penunjukan Pj Gubernur ini dilakukan setelah rapat Tim Penilai Akhir (TPA) pada tanggal 31 Agustus. Para Pj Gubernur ini akan mengemban tugas untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di daerah masing-masing hingga pemilihan kepala daerah baru dilaksanakan.

Berita Utama