Rumah Produksi Cokelat Ganja di Bojonggede, Bogor Dibongkar oleh Polisi

rumah produksi
Barang Bukti Coklat Ganja

BOGOR, Nyaringindonesia.com – Sebuah rumah produksi “cokelat ganja” di Bojonggede, Kabupaten Bogor, berhasil dibongkar dan digerebek oleh polisi.

Dalam penggerebekan tersebut, empat pria muda berhasil diamankan, yaitu NCR (19), MIN (19), DPP (18), dan FS (21). Polisi tidak hanya menangkap para pelaku tetapi juga menyita cokelat ganja seberat 173 gram.

Rumah produksi ini, yang berbentuk kos-kosan, memiliki kapasitas untuk memproduksi hingga satu kilogram cokelat ganja per hari.

Para pelaku memiliki peran masing-masing, mulai dari meracik, menempelkan, hingga menerima bahan-bahannya.

Cokelat ganja yang diproduksi oleh rumah ini didistribusikan melalui platform online dan offline di sejumlah wilayah, termasuk Bojonggede,

Kemang, Tajurhalang, Kabupaten Bogor, dan sekitar Tanah Sareal, Kota Bogor. Sasaran pasar utama dari produk ini adalah anak muda berusia di bawah 30 tahun, dengan harga penjualan sekitar Rp100 ribu per toples.

Keterangan dari polisi menyebutkan bahwa para tersangka baru berada di lokasi selama 2 minggu, dan kemungkinan telah berpindah tempat.

Modus operandi cokelat ganja ini disebut sebagai modus baru di wilayah Jawa Barat, namun modus serupa pernah terjadi di Bali.

Dalam kasus serupa di Bali, seorang sekuriti bernama RF (24) berhasil ditangkap pada Agustus 2022. RF merupakan peracik dan pengedar cokelat ganja yang dikirimkan kepada kakaknya yang mendekam di Lapas Palembang, Sumatera Selatan.

Modus operandi tersebut merupakan ide dari kakak RF yang sebelumnya terlibat dalam kasus serupa.

Penangkapan ini dilakukan setelah adanya informasi dari masyarakat terkait kiriman paket mencurigakan dari Sumatera melalui jasa pengiriman barang.

Paket tersebut berisi buntalan lakban warna cokelat yang berisi ganja seberat 952 gram netto.

Kasus ini menunjukkan perkembangan modus operandi baru dalam peredaran narkoba, di mana para pelaku berusaha menyembunyikan ganja dalam bentuk produk konsumsi seperti cokelat untuk mengelabui pihak berwenang.

Polisi terus melakukan tindakan tegas untuk memberantas peredaran narkoba dan produk turunannya di seluruh wilayah.

Berita Utama

Scroll to Top