Sejumlah Api di TPA Sarimukti Masih Menyala

Tampak mobil pemadam kebakaran berada di TPA Sarimukti untuk memadamkan api yang masih menyala.
KBB, NyaringIndonesia.com – Meluasnya kebakaran yang menimpa di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat (KBB) lantaran banyak bahan yang mudah terbakar, sepertiĀ  plastik.

Padahal, api di lokasi kejadian sempat padam, tetapi kembali muncul dan berkobar lantaran tiupan angin kencang.

Diketahui, kebakaran tersebut terjadi sejak Sabtu (19/8/2023) dan pada Selasa (22/8/2023) kobaran api pun masih terlihat di titik kebakaran.

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah TPA/TPST Regional, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Arif Perdana mengatakan, kebakaran yang melanda TPA Sarimukti terus menjalar hingga ke tiga zona pembuangan sampah.

“Sekarang api sudah mulai masuk ke zona 2, jadi zona yang terbakar itu zona 2, 3, dan 4 dengan luas lahan 7 hektare, tapi untuk zona 4 sudah mulai padam,” sebut Arif, saat ditemui di TPA Sarimukti, Selasa (22/8/2023).

Ia mengaku, meski telah menerjunkan 8 mobil pemadam kebakaran dari Bandung Raya, api masih saja tetap menyala.

Untuk langkah selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan BPBD Jawa Barat untuk melakukan percepatan penanggulangan.

“Mudah-mudahan dari BPBD ada solusi lain kalau boleh pemadaman dari atas (udara) secara vertikal, cuma untuk sementara kita masih mengandalkan pemadam kebakaran,” kata Arif.

Berita Utama