SMAN 5 Cimahi Gelar Bimtek untuk Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

SMAN 5
SMAN 5 Cimahi Gelar Bimtek untuk Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

CIMAHI, Nyaringindonesia.com – SMAN 5 Cimahi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tujuan meningkatkan mutu pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran yang efektif.

Data rapor pendidikan sekolah menunjukkan bahwa metode pembelajaran adalah salah satu aspek yang perlu ditingkatkan.

Ketua Pelaksana Bimtek, Mumpuni Martini, menyatakan bahwa kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemampuan para guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang optimal. Bimtek ini melibatkan 112 guru dari SMAN 5 Cimahi.

“Mumpuni menjelaskan bahwa para pendidik perlu memahami metode penyusunan assessment atau penilaian terhadap siswa, terutama mengingat adanya perubahan kurikulum.

Meskipun prinsip dasarnya tetap, kurikulum merdeka menempatkan fokus yang lebih besar pada kepentingan siswa,” ungkapnya.

Mumpuni menyebutkan bahwa hasil dari Bimtek ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam perencanaan kelas mereka, termasuk merancang modul ajar, menyusun soal, dan menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan siswa.

Salah satu peserta Bimtek, Eni Sumiyarni, mengungkapkan bahwa Bimtek ini memberikan manfaat yang signifikan, terutama bagi para guru yang tengah menjalankan kurikulum merdeka.

“Bagi yang belum mengimplementasikan, memiliki gambaran lebih jelas bukan hanya berlaku untuk modul ajar, melainkan juga dalam penerapan soal penilaian.

Ini memberikan manfaat signifikan, meningkatkan kreativitas guru dan siswa tanpa terpaku hanya pada soal-soal standar,” ujarnya.

Pihak sekolah berkomitmen untuk terus meningkatkan inovasi, kreativitas, dan keberhasilan siswa dalam rangka mendukung kelancaran implementasi kurikulum merdeka.

Bimtek diharapkan memberikan pemahaman lebih baik tentang kurikulum merdeka, metode penggunaannya, evaluasi, dan refleksinya kepada para guru.

Berita Utama

Scroll to Top