Stasiun Karawang Belum Dioperasikan, KCIC Terus Koordinasi dengan Pihak Terkait

KCIC
Suasana Statsiun tegalluar

BANDUNG, Nyaringindonesia.com – Manager Corporate Communication Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Emir Monti, mengonfirmasi bahwa hingga saat ini Stasiun Karawang, Jawa Barat, masih belum dioperasikan.

Menurutnya, stasiun tersebut masih dalam tahap persiapan pembukaan akses menuju jalan tol. KCIC berupaya mempercepat pengoperasionalan Stasiun Karawang dengan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta pihak lain yang terkait.

“Kita masih menunggu, masih dalam koordinasi dengan Kementerian terkait karena pembukaan akses, salah satunya tol, masih dalam tahap bertahap, mulai dari penyusunan traseunya, dan sebagainya. Kita terus koordinasi karena KCIC masih menunggu,” ungkap Emir di Kabupaten Bandung pada Rabu (17/1/2024).

Meskipun Stasiun Karawang belum beroperasi, beberapa fasilitas pelayanan di stasiun tersebut sudah mulai lengkap.

“Ketika nantinya diharapkan melayani kawasan industri di Karawang, stasiun ini sudah siap melayani. Stasiunnya sudah ada, petugas loketnya juga sudah ada, hanya saja karena belum beroperasi, belum dapat dilayani,” jelasnya.

Emir menambahkan bahwa perjalanan dari Stasiun Karawang menuju Halim hanya memakan waktu 10 hingga 15 menit.

Meskipun demikian, ia menyebut bahwa penetapan tarif tiket dari Stasiun Karawang perlu diatur kembali.

“Kami menggunakan tarif dynamic pricing yang disesuaikan dengan rute, jam operasi, dan jadwal. Kami akan menyesuaikannya sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna,” tuturnya.

Seiring dengan terus berlanjutnya koordinasi dengan pihak terkait, KCIC berkomitmen untuk memberikan layanan yang optimal dan efisien bagi masyarakat, terutama dalam mendukung konektivitas transportasi antarwilayah.

Editor : Fauzi Eka Suryana

# # # #

Berita Utama

Scroll to Top