Tangani Sampah, Pemdakab Bekasi Bentuk Satgas PPLH

sampah
Pemdakab Bekasi Bentuk satgas PPLH untuk atasi penumpukan sampah

KAB. BEKASI, NyaringIndonesia.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi membentuk Satgas Penanganan Permasalahan Lingkungan Hidup (PPLH) yang akan bekerja intensif menangani persoalan sampah dan pencemaran lingkungan.

Rapat pembentukan Satgas PPLH dipimpin Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama unsur Forkopimda dan perangkat daerah, di Aula KH Noer Ali Kantor Bupati Bekasi Cikarang Pusat, pada Selasa (18/10/2022).

Pj Bupati Bekasi memaparkan, Satgas PPLH akan fokus mengatasi tiga masalah, yakni penanganan sampah di sungai dan sampah plastik, pencemaran sungai akibat limbah cair dan percepatan penanganan banjir.

Dani Ramdan menyebutkan, ada empat rencana aksi yang akan dilakukan oleh Satgas PPLH, yakni sosialisasi dan kampanye pengurangan sampah, pembinaan masyarakat, pengawasan terhadap sungai dan penegakan hukum bagi pelanggar.

BACA JUGA:  Malam Takbiran, DLH Kota Cimahi Kerahkan Ratusan Petugas dan Kendaraan angkut

“Untuk sosialisasi, kita juga akan tekankan kepatuhan perusahaan agar tidak membuang limbah ke sungai dan mencegah timbulnya tempat pembuangan sampah liar,” ujarnya.

Pj Bupati mengungkapkan, salah satu yang melatarbelakangi dibentuknya Satgas PPLH adalah kondisi TPA Burangkeng yang semakin overload dan luas lahan yang berkurang.

“Saat ini luas lahan TPA Burangkeng berkurang dari 11,6 hektar menjadi 9,5 hektar, karena digunakan oleh proyek Tol Cibitung-Cimanggis. Ketinggian tumpukan sampah telah mencapai 25 hingga 30 meter juga belum adanya teknologi pengolahan sampah yang digunakan,” terangnya.

Satgas PPLH juga akan bekerja untuk menangani banyaknya pembuangan sampah liar di berbagai titik. Di antaranya di jalur Kalimalang, Kali Cikarang, TPS liar Sumber Jaya, Kali Busa, Kali Jambe dan jalur Cicau.

BERITA TERBARU