Tips Agar Lulus Kuliah Mendapat Predikat Cumlaude

Ilustrasi foto wisuda (fixabay)

NyaringIndonesia.com – Lulus kuliah dengan predikat cumlaude tentu menjadi impian banyak mahasiswa. Apalagi dengan nilai yang sangat memuaskan, mahasiswa memiliki poin plus ketika akan melanjutkan jenjang selanjutnya.

Meski bukan hal yang mudah, tapi sangat mungkin untuk mendapatkan IPK 4,00, karena cukup banyak mahasiswa yang sudah berhasil dan membuktikannya. Dan sebagai bentuk penghargaan kepada mahasiswa teladan dan berprestasi ini, terdapat gelar kehormatan yang disematkan, yakni cumlaude.

Namun apa itu cumlaude dan bagaimana mendapatkan predikat cumlaude, dikutip dari laman Quipper berikut ini tips untuk mendapatkannya.

Pengertian Cumlaude Cumlaude berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “dengan pujian”. Pujian ini diberikan oleh perguruan tinggi kepada mahasiswa yang berhasil menuntaskan pendidikan dengan capaian gemilang.

Secara umum, terdapat tiga predikat kelulusan berdasarkan nilai IPK:

  • IPK 2,00-2,75 Memuaskan
  • IPK 2,76-3,50 Sangat Memuaskan
  • IPK 3,51-4,00 Dengan Pujian (Cumlaude)

Khusus untuk predikat cumlaude, beberapa perguruan tinggi yang terdapat di negara-negara tertentu juga memberikan pengkategorian khusus untuk nilai IPK di atas 3,50, yakni:

  • Predikat Cumlaude

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa predikat ini memiliki arti dengan pujian. Secara spesifik, pujian diberikan kepada mahasiswa yang berhasil mendapatkan IPK pada rentang 3,51-3,79.

Untuk bisa mendapatkan gelar cumlaude tersebut, syaratnya bukan hanya mendapatkan IPK dengan angka yang sangat memuaskan. Predikat tersebut diberikan dengan memperhatikan juga masa studi kamu, alias harus tepat waktu.

BACA JUGA:  Hadapi Tantangan Pendidikan Dengan Lesson Study

Selain itu, terdapat pertimbangan lain, yakni harus lulus dengan nilai memuaskan untuk seluruh mata kuliah. Artinya, jangan sampai tidak lulus atau melakukan pengulangan pada mata kuliah tertentu.

  • Predikat Magna Cumlaude

Predikat magna cumlaude memiliki syarat yang sama dengan cumlaude, yakni tidak boleh mengulang mata kuliah dan lulus dengan tepat waktu. Bedanya, capaian skor IPK yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan cumlaude, yakni pada rentang 3,80-3,99. Mahasiswa yang mendapatkan predikat magna cumlaude berhasil lulus dengan memperoleh banyak pujian.

  • Predikat Summa Cumlaude

Bagi mahasiswa yang berhasil mendapatkan nilai sempurna dengan IPK 4,00 berhak mendapatkan predikat cumlaude tertinggi yakni summa cumlaude, atau lulus dengan pujian terbanyak. Syaratnya, kamu juga tidak boleh mengulang mata kuliah dan harus lulus tepat waktu.

Perhatikan tips-tips berikut agar bisa lulus tepat waktu dengan predikat cumlaude, maka kemungkinan kamu meraih predikat cumlaude juga semakin besar.

  1. Jaga nilai IPK di semester awal

Semester pertama bisa menjadi semester yang paling sulit ketika kamu menjalani program studi kuliah karena di sini kamu akan beradaptasi dengan metode belajar, lingkungan, teman-teman dan dosen yang baru sehingga hal ini akan menyulitkan kamu dalam memproses materi kuliah.

BACA JUGA:  Guru Penentu dan Pengungkit Kemajuan Pendidikan

Namun, kamu harus bisa menjaga nilai IPK kamu dan jangan sampai nilai kurang dari 3,0 kalaupun nilai kamu nantinya di bawah 3,0 maka kamu bisa meminta tugas tambahan dari dosen karena semester awal ini merupakan fondasi untuk meonpang perkembangan akademik kamu.

  1. Fokus

Mungkin bagi otak yang pintar memiliki nilai IPK di atas 3,5 di setiap semester merupakan hal yang mudah, tapi bagaimana kalau kamu otaknya biasa-biasa saja? Sebenarnya mau yang pintar atau biasa saja kunci untuk mendapatkan nilai yang tinggi hanya ada satu yaitu fokus.

Karena jika kamu fokus dengan apa yang diterangkan para dosen, maka kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan tugas atau ujian sehingga kamu tidak perlu membuat alasan kenapa kamu tidak bisa mendapatkan nilai yang tinggi. Jadi, sebaiknya kamu kurangi ngobrolnya dan tingkatkan kefokusan kamu pada materi kuliah.

  1. Jangan pernah bolos terutama di semester awal

Di semester awal, biasanya dosen akan memberikan kontrak belajar bisa itu secara lisan atau tertulis untuk menjelaskan persentase nilai yang memengaruhi predikat cumlaude kamu.

BACA JUGA:  Sekda Garut Sebut Profesi Apoteker salah satu profesi yang langka dan bergengsi

Misalkan, pnegaruh nilai untuk kelulusan cumlaude terdiri dari 10% kehairan, 20% UTS, 30% UAS, dan 40% kuis atau tugas. Dengan memperhatikan persentase nilai, kamu bisa menyiapkan rencana kamu untuk lulus dengan predikat kamu. Jadi, jangan coba-coba bolos terutama di semester awal.

  1. Aktif di kelas

Biasanya jika kamu sering tunjuk tangan, menjawab pertanyaan, dan berani untuk presentasi di depan kelas, maka dosen akan memiliki catatan positif dengan memberikan nilai minimal B.

Tetapi jangan asal buka mulut, kamu perlu mendukung setiap perkataanmu dengan materi yang kamu pelajari sebelumnya sehingga dosen akan tahu kalau kamu itu benar-benar paham dengan apa yang diterangkan, bukan asal cari muka.

  1. Atur waktu

Kuliah berbeda dengan SMA atau SMK karena tugas di kuliah jauh lebih banyak daripada apa yang kamu kerjakan 12 tahun sebelumnya sehingga kalau kamu ingin lulus kuliah dengan perdikat cumlaude, maka kamu harus pintar dalam mengatur waktu agar tidak ada tugas yang menumpuk atau belum kamu kerjakan.

Caranya, kamu perlu membuat skala prioritas untuk menentukan hal mana yang perlu kamu kerjakan terlebih dahulu sebelum berlanjut dengan hal yang lain dan kamu juga bisa menggunakan waktu luangmu sedikit demi sedikit agar tugas kuliahmu cepat selesai untuk menghindari sistem kebut semalam.

 

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur