Search
Close this search box.

Cara Membuat Baterai Ponsel Supaya Awet Dan Tidak Cepat Habis

Baterai
ilustrasi Baterai Ponsel Supaya Awet Dan Tidak Cepat Habis

Nyaringindonesia.com – Baterai ponsel yang cepat habis adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan baterai ponsel cepat habis beserta cara mengatasinya:

1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
– Tingkat kecerahan layar yang tinggi dapat menguras baterai dengan cepat. Turunkan tingkat kecerahan layar pada pengaturan ponsel Anda.
– Aktifkan pengaturan penyesuaian kecerahan otomatis, yang akan menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan intensitas pencahayaan di sekitar Anda.

2. Aktifkan Mode Gelap (Dark Mode)
– Mode gelap, terutama pada layar OLED, dapat menghemat daya karena layar tidak akan menyala ketika menampilkan warna hitam pekat.

3. Tutup Aplikasi di Latar Belakang
– Beberapa aplikasi berjalan di latar belakang dan dapat menghabiskan daya baterai. Pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang setelah menggunakannya.

4. Periksa Semua Panel Koneksi
– Jangan biarkan ponsel terhubung secara simultan ke banyak jaringan nirkabel seperti WiFi, Bluetooth, dan data seluler. Ini dapat menguras baterai.
– Matikan pengaturan WiFi dan Bluetooth jika tidak sedang digunakan.

5. Periksa Aplikasi Pelacak Lokasi
– Banyak aplikasi menggunakan pelacakan lokasi yang dapat menguras baterai. Matikan pengaturan lokasi saat tidak menggunakan aplikasi yang membutuhkan pelacakan lokasi.

6. **Ganti Baterai Jika Sudah Lawas:**
– Jika baterai ponsel sudah berumur dua atau tiga tahun, pertimbangkan untuk menggantinya.
– Beberapa ponsel memberi tahu pengguna ketika kesehatan baterai sudah menurun dan perlu diganti.

Mengikuti langkah-langkah di atas dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai ponsel Anda dan mengurangi masalah baterai cepat habis.

Berita Utama