VAR Liga 1 2023-2024 Bakal Terapkan Teknologi di Stadion Si Jalak Harupat

VAR
Stadion Si Jalak Harupat

BANDUNG, Nyaringindonesia.com – Teknologi Video Assistant Referee (VAR) akan diimplementasikan dalam lanjutan Liga 1 2023-2024, dan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, menjadi salah satu dari tiga stadion yang dipilih untuk memasang VAR.

Hal ini diungkapkan oleh Humas PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sabina Katya.

Meski belum dikonfirmasi stadion keempat yang akan menggunakan VAR, Sabina menyebutkan bahwa Kapten I Wayan Dipta (Bali), Manahan (Solo), dan Si Jalak Harupat (Bandung) sudah dipastikan akan memakai teknologi VAR tersebut.

“Sejauh ini yang sudah terkonfirmasi itu ada tiga,” kata Sabina Katya.

Implementasi VAR di empat stadion tersebut dijadwalkan akan dimulai pada Februari 2024. Sebelumnya, Liga Indonesia telah melakukan uji coba dan trial pada setiap lapangan untuk memastikan kesiapan teknologi tersebut.

Sabina Katya juga mengungkapkan bahwa ada dua skema dalam penerapan VAR di Liga 1 2023/2024, yaitu VAR dengan control room tetap dan VAR bersifat mobile.

Meskipun penggunaan VAR menjadi berita positif untuk peningkatan kualitas pertandingan, masih ada spekulasi apakah Persib Bandung akan meninggalkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), kandang mereka saat ini.

Kabarnya, GBLA akan menjalani renovasi, tetapi belum ada konfirmasi resmi terkait hal ini.

Liga 1 akan kembali bergulir pada 30 Januari 2024, dan Persib Bandung dijadwalkan akan bertanding melawan Persis Solo pada 4 Februari 2024 di Stadion Si Jalak Harupat.

Berita Utama

Scroll to Top