5 Posisi Tidur Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Di Tubuh

Posisi tidur
Ilustrasi sesorang sedang tidur (fixabay)

NyaringIndonesia.com – Selain konsumsi makanan yang sehat atau olahraga teratur, tidur di waktu yang tepat dengan durasi jam yang cukup merupakan kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut penelitian, seseorang setidaknya harus tidur selama 7-9 jam setiap harinya.

Tak hanya bermanfaat untuk memulihkan tenaga yang habis dipakai beraktivitas atau meregenerasi sel, posisi tidur yang tepat pun bermanfaat untuk menyembuhkan beragam gangguan atau penyakit ringan yang mengganggu kesehatan tubuh.

Terkadang, kondisi badan seketika bisa drop dan merasa sakit di sekujur tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Sehingga saat bangun tidur nyeri akan terasa di sejumlah titik tertentu tubuh.

Biasanya nyeri itu terasa pada bagian leher, pinggang, hingga punggung. Cobalah sejumlah posisi tidur ini yang mungkin bisa membantu anda mengatasi keluhan nyeri tersebut yang dirangkum kami dari beberapa sumber.

BACA JUGA:  Mitos Burung Gagak Hitam Cerdas, Tercantum Dalam Al-Quran

1. Nyeri Leher dan Punggung Bagian Atas

Tidur telentang membuat berat badan Anda secara seimbang saat sedang ada di atas kasur. Dengan cara ini, Anda mengurangi tekanan pada area lokal seperti leher dan punggung atas Anda.

Ini juga berfungsi untuk menyelaraskan tulang belakang dan organ-organ dalam.

Caranya adalah menambahkan bantal untuk menopang leher dan bantal lain untuk menopang lutut. Ini akan membantu Anda menjaga lengkungan alami di tulang belakang.

2. Nyeri di Sepanjang Tulang Belakang

Ini adalah posisi tidur yang baik untuk orang yang biasanya memiliki perut buncit. Sebab, sulit bagi mereka untuk tertidur di posisi lain.

Tambahkan bantal di bawah perut Anda dan bagian atas panggul Anda. Pastikan itu tipis, tidak lebih tebal dari tiga inci.

BACA JUGA:  Julukan Kehormatan Bendera Negara Indonesia

Sebagai hasilnya, Anda akan bisa tidur sementara dengan dukungan bantal di bawah perut Anda.

3. Nyeri Punggung Bagian Bawah

Ketika Anda tidur miring, Anda memaksa tulang belakang melengkung di posisi yang tidak wajar.

Ini hanya akan menambah beban ekstra untuk punggung bawah Anda. Yang terbaik adalah tekuk lutut Anda sedikit ke atas dan letakkan bantal di antaranya. Dengan cara ini, Anda melewatkan ketegangan yang harus diderita punggung bawah Anda dan membantunya mempertahankan kelengkungan alami sampai Anda bangun.

4. Nyeri Pinggang

Jika Anda menderita rasa sakit di daerah pinggang yang terletak di punggung bawah, tidur dalam posisi berbaring dapat membantu.

Anda bisa meregangkannya dan menghilangkan kemungkinan ketegangan di bagian tas pinggang.

BACA JUGA:  Tuberkulosis (TBC) masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia

Letakkan beberapa bantal di belakang pinggang dan leher Anda untuk menciptakan dukungan yang cukup demi menyesuaikan lengkungan alami pada tubuh. Untuk kenyamanan ekstra, letakkan lebih banyak bantal di bawah lutut dan kaki Anda.

5. Saraf yang Tegang

Jika salah satu cakram tulang belakang Anda bergeser sedikit dari posisi aslinya, Anda akan merasakan sakit.

Cobalah posisi ini, yang memungkinkan Anda memperluas ruang di antara masing-masing tulang belakang dan mendorongnya untuk pindah ke posisi semula.

Bengkokkan tubuh Anda ketika tidur dengan posisi menyamping lalu tekuk kedua kaki akan mengurangi tekanan pada tulang belakang dan saraf Anda. Posisi ini dipercaya mampu membebaskan Anda dari sakit punggung.

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur