Search
Close this search box.

Bawaslu Buka Forum Warga Untuk Memberanikan Diri Melaporkan Pelanggaran Pilkada

ketua Bawaslu Cimahi Akhmad Yasin Nugraha

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Sebagai salah satu pencegahan, Bawaslu Kota Cimahi melaksanakan kegiatan Forum Warga dalam rangkaian Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Tahun 2024.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepatuhan Bawaslu Kota Cimahi terhadap perintah Bawaslu RI melalui Bawaslu Jawa Barat (Jabar).

Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (PPHM) Akhmad Yasin Nugraha menuturkan, pada dasarnya, Bawaslu Kota Cimahi sering mengadakan berbagai kegiatan yang sifatnya partisipatif.

Hanya saja, lanjut Yasin, kegiatan kali ini cukup berbeda karena dinamai Forum Warga.

“Sebab kegiatan ini menjadi salah satu bentuk wadah yang kemudian nanti elemen-elemen masyarakat bisa berkumpul dan berdiskusi terkait berbagai hal mengenai politik dan kepemiluan,” ucap Yasin usai kegiatan di Jalan Ciawitali, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kamis, (11/7).

Dijelaskan Yasin, ke depannya, di jajaran Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) harus mengadakan hal serupa (Forum Warga).

“Itu harus dilakukan karena kita mau mempersempit ruang gerak kelompok-kelompok yang akan melakukan pelanggaran-pelanggaran di Pilkada Tahun 2024,” ujarnya.

Berkenaan Forum Warga kali ini, dia menyebutkan, menghadirkan seluruh elemen masyarakat mulai dari pemilih pemula, pemilih disabilitas, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta pemilih rentan.

“Orang tua, ibu-ibu, nenek-nenek yang pada kesempatan Pemilu kemarin mungkin sangat kebingungan dalam memilih karena Pileg dan Pilpres itu surat suaranya banyak,” ungkapnya.

Mengingat kondisi tersebut, dia menuturkan, pihaknya akan memberikan edukasi minimal di Forum Warga iniz masyarakat minimal tahu dan paham mekanismenya karena di Pilkada 2024 ini hanya ada dua surat suara yakni, pemilihan gubernur dan pemilihan walikota.

Maka dari itu, lanjut Yasin, dalam konteks Forum Warga ini, baik Bawaslu di jajaran kabupaten/kota, kecamatan, serta kelurahan lebih mendekatkan diri ke masyarakat.

“Jadi kami hadir dalam diskusi tersebut dengan harapan masyarakat pun nanti berperan aktif melaksanakan diskusi-diskusi .

Minimal mau melaporkan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, dia membeberkan, banyak masyarakat yang mengeluhkan karena tidak berani melaporkan.

“Nah, dalam Forum Warga ini, Bawaslu mendekatkan diri kepada masyarakat dan kita juga mengajak masyarakat untuk berani melaporkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi di Pilkada,” terang Yasin.

Editor : Eka Sopian

# # # #

Berita Utama