Search
Close this search box.

Gempa Berkekuatan 6,8 Magnitudo Guncang Kota Marrakesh, Maroko

Gempa
ilustrasi gempa bumi

Nyaringindonesia.com – Kota Marrakesh, Maroko, diguncang oleh gempa berkekuatan 6,8 magnitudo pada Jumat malam waktu setempat. Gempa ini menyebabkan kepanikan di antara warga dan wisatawan yang berlarian mencari perlindungan.

Pusat gempa terletak pada kedalaman 18,5 km dan berjarak sekitar 71 km timur laut Marrakesh. Video yang beredar di media sosial menunjukkan puing-puing dan barang-barang jatuh dari rak-rak toko, dan ada laporan tentang bangunan yang terkena dampak.

Menurut sistem PAGER USGS, gempa ini mendapat peringatan oranye untuk kerugian ekonomi yang signifikan dan peringatan kuning untuk kemungkinan korban jiwa. Ini mengindikasikan adanya potensi kerusakan besar akibat gempa.

Maroko sering mengalami gempa bumi, terutama di wilayah utara negara tersebut, karena letaknya yang berada di antara lempeng Afrika dan Eurasia. Meskipun belum ada laporan resmi tentang kerusakan besar atau korban jiwa akibat gempa ini, peristiwa ini menjadi pengingat akan potensi bahaya gempa bumi di wilayah tersebut. Pada tahun 2004, Maroko pernah dilanda gempa yang menewaskan sedikitnya 628 orang dan melukai 926 lainnya di Al Hoceima di timur laut negara tersebut.

Editor : NI 1

# # # #

Berita Utama