Search
Close this search box.

Gempa Bumi M 3,1 Guncang Kabupaten Cianjur Akibat Aktivitas Sesar Cugenang

gempa bumi

CIANJUR, Nyaringindonesia.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang, Hartanto, mengumumkan bahwa sebuah gempa bumi dengan kekuatan M 3,1 telah mengguncang Kabupaten Cianjur pada malam Senin (11/9). Gempa ini terjadi akibat aktivitas Sesar Cugenang.

Hartanto menjelaskan bahwa gempa bumi ini dikategorikan sebagai gempa bumi dangkal karena lokasi episenternya berada di dekat permukaan bumi. Guncangan gempa ini dirasakan di wilayah Kecamatan Cilaku, Kecamatan Karangtengah, dan Kecamatan Cianjur dengan Skala Intensitas II – III MMI. Getaran yang dirasakan oleh masyarakat termasuk getaran yang cukup terasa, seperti benda-benda ringan yang bergoyang dan getaran dalam rumah.

Hingga pukul 00:29 WIB pada Selasa (12/9), BMKG belum mendeteksi adanya gempa susulan. Meskipun gempa ini menyebabkan kepanikan di kalangan warga yang sempat berhamburan keluar rumah untuk menghindari risiko yang mungkin timbul, tidak ada laporan tentang kerusakan yang serius.

Hartanto mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berita Utama