Search
Close this search box.

Gibran Rakabuming Raka Kunjungi BT Batik Trusmi: Sentuhan Lokal untuk Industri Kreatif

Gibran Rakabuming
Gibran Rakabuming Raka Kunjungi BT Batik Trusmi

CIREBON, Nyaringindonesia.com – Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, mengunjungi BT Batik Trusmi. Kehadiran Gibran, yang mengenakan rompi dengan motif Mega Mendung, mendapat sambutan hangat dari warga setempat.

Pukul 11.30, Gibran tiba di lokasi dengan rompi batik motif kota udang, mencerminkan rasa hormatnya terhadap warisan budaya batik Cirebon.

Selama kunjungannya, ia berinteraksi dengan para pengrajin batik, mendalami lebih dalam tentang industri kreatif yang menjadi kebanggaan daerah ini.

Acara ‘Gibran Mendengar Bersama UMKM se-Cirebon’ di saung Batik Trusmi menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Dani Maulana, salah satu pelaku UMKM Kota Cirebon, menekankan pentingnya perhatian dalam hal pemasaran dan perizinan.

“Jangan lupakan kami, bantu kami dari segi pemasaran dan perizinan,” ungkap Dani.

Intan, seorang pelaku UMKM lainnya, berharap Gibran dapat memperhatikan UMKM di Kota Cirebon, khususnya terkait perizinan dan pemasaran.

“Semoga Mas Gibran benar-benar memperhatikan UMKM, khususnya di Kota Cirebon terkait perizinan dan pemasarannya,” ujar Intan.

Gibran, dalam sambutannya, mengapresiasi keindahan dan keunikan batik Trusmi. Baginya, batik bukan hanya warisan budaya tetapi juga simbol keberagaman dan kreativitas yang harus terus didukung dan dikembangkan.

Kunjungannya ini menegaskan komitmennya terhadap pelestarian budaya dan pengembangan industri kreatif di daerah.

Sebelum meninggalkan lokasi, Gibran juga meninjau produk-produk UMKM, termasuk berbagai jenis makanan dan minuman home industri.

Dengan kunjungan ini, diharapkan potensi Batik Trusmi dapat lebih dikenal dan diapresiasi di tingkat nasional.

Berita Utama