Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada

Gunung Lewotobi
Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada

NTT, Nyaringindonesia.com – Gunung Lewotobi Laki-laki yang berada di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali menunjukkan aktivitas erupsinya pada Rabu (10/1/2024).

Informasi dari Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki mencatat bahwa erupsi terjadi pada pukul 07.34 Wita.

Erupsi tersebut menghasilkan kolom abu dengan tinggi mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncak gunung yang berada pada ketinggian sekitar 3.584 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu yang kelabu hingga coklat ini condong mengarah ke utara dan timur laut. Data dari seismogram menunjukkan bahwa erupsi berlangsung dengan amplitudo maksimum mencapai 47 mm dan durasi sekitar 16 menit 40 detik.

Anselmus Bobyson Lamanepa, Petugas Pos PGA Lewotobi Laki-laki, mengonfirmasi bahwa erupsi masih berlangsung saat ini.

“Kami memperingatkan masyarakat untuk menjaga jarak aman, khususnya dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi dan sektoral 5 kilometer ke arah barat laut-utara,” ungkapnya.

Masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan menggunakan pelindung hidung, mulut, serta mata jika harus beraktivitas di luar.

Selain itu, potensi banjir lahar dingin di sungai-sungai yang berhulu di puncak Lewotobi menjadi salah satu yang perlu diwaspadai, terutama saat curah hujan tinggi.

Iing Kusnadi, Ketua Tim Tanggap Darurat Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, menekankan bahwa intensitas semburan kolom abu bisa berfluktuasi tergantung pada energi erupsi dan kekuatan angin.

“Kami terus memantau perkembangan situasi dan akan memberikan informasi yang lebih lanjut kepada masyarakat,” tambah Kusnadi.

Warga di sekitar kawasan erupsi diminta untuk selalu memperhatikan informasi terbaru dan mengikuti arahan dari petugas yang berwenang demi keselamatan bersama.

Berita Utama

Scroll to Top