Insiden di Jalan Raya Bandung-Cianjur: Mobil Tertimpa Pohon Tumbang Saat Hujan Deras

Mobil
mobil tertimpa pohon di KBB

KBB, Nyaringindonesia.com – Sebuah mobil Daihatsu Sigra dengan plat nomor F 1781 Z mengalami nasib malang ketika tertimpa pohon yang tumbang di ruas Jalan Raya Bandung-Cianjur, tepatnya di Kampung Margaluyu.

Kejadian ini terjadi pada Kamis sore, 4 Januari 2023, saat hujan deras melanda wilayah tersebut.

Menurut keterangan dari Relawan Kebencanaan Destana Citatah, Dado Tri, insiden ini dipicu oleh cuaca ekstrem yang menyebabkan pohon yang rimbun dengan daun menutupi jalan.

“Kita melakukan buka tutup jalur karena hanya satu jalur yang bisa dilewati. Petugas dan relawan langsung memotong pohon tumbang, karena cukup besar,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (4/1/2023) sore.

Pohon tersebut tak kuat menahan hujan deras dan tiba-tiba ambruk menimpa mobil yang tengah melintas di jalan tersebut.

Tim relawan segera merespons kejadian ini dengan cepat. Mereka melakukan pemotongan pohon yang cukup besar dan membersihkan jalan yang tertutup lumpur akibat curah hujan.

Meskipun mobil mengalami kerusakan pada bagian atasnya, perlu dicatat bahwa dalam peristiwa ini, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

“Jalan tertutup total oleh pohon dan lumpur, jadi yang pertama kami membersihkan lumpur terus memotong pohon tumbang dan mengevakuasi mobil yang tertimpa,” kata Dodo.

Pohon tumbang tersebut juga menyebabkan sejumlah sepeda motor tergelincir karena adanya lumpur di jalanan.

Relawan Kebencanaan Destana Citatah tidak hanya fokus pada evakuasi mobil yang tertimpa pohon, tetapi juga memberikan pertolongan kepada pengendara yang terjatuh akibat kondisi jalan yang licin.

Kapolsek Cipatat, AKP Kusmawan, juga ikut terlibat dalam menangani kejadian ini. Pihak kepolisian melakukan pengaturan arus lalu lintas di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk memastikan keselamatan dan kelancaran lalu lintas.

“Evakuasi pohon tumbang yang menimpa satu unit mobil selesai pada pukul 17.15 dan arus lalu lintas juga sudah kembali normal,” kata Kusmawan.

Kejadian ini memberikan peringatan tentang pentingnya kewaspadaan saat melintas di jalanan selama kondisi cuaca ekstrem, seperti hujan deras.

Peristiwa tak terduga seperti ini menekankan pentingnya respons cepat dan koordinasi antarinstansi dalam situasi darurat untuk menjaga keselamatan masyarakat.

Berita Utama

Scroll to Top