Jaga Kesehatan, Petugas KPPS Diminta Perhatikan Gizi dan Istirahat

KPPS
ilustrasi Petugas KPPS

JAKARTA, Nyaringindonesia.com – Menjelang Pemilihan Umum 2024, Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari, Ngabila Salama, memberikan pesan penting kepada anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ngabila menekankan perlunya menjaga kesehatan baik fisik maupun mental agar para petugas KPPS dapat menjalankan tugas dengan baik saat pemilu pada 14 Februari 2024.

Salama menyarankan agar para petugas KPPS mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan memperhatikan asupan suplemen vitamin C dan D3.

Pola hidup bersih dan sehat, termasuk penggunaan masker dan mencuci tangan secara teratur, juga ditekankan.

Selama menjalankan tugas, petugas KPPS disarankan untuk melakukan peregangan setiap dua jam dan memastikan cukup asupan air minum.

Mereka juga diminta untuk menghindari minuman kemasan, soda, dan minuman berenergi yang tinggi kadar gulanya.

Ngabila juga menekankan pentingnya istirahat sebelum menjalankan tugas dan mengajak para petugas KPPS untuk saling mendukung dan berkolaborasi dalam tim.

Jika merasa sakit, petugas KPPS diminta untuk segera menghubungi petugas kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI juga memberikan imbauan serupa melalui Instagram resminya. Petugas KPPS diingatkan untuk memperbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung cukup protein dan karbohidrat.

Kurangi konsumsi camilan, pastikan asupan air putih cukup, dan hindari minuman manis atau berenergi.

Pentingnya pemenuhan nutrisi selama bertugas menjadi sorotan, mengingat pada Pemilu 2019, banyak petugas KPPS mengalami masalah kesehatan, bahkan ada yang meninggal dunia.

Kementerian Kesehatan berharap agar kejadian serupa tidak terulang pada pemilu tahun ini. Faktor usia, kebiasaan merokok, dan jam kerja yang panjang menjadi beberapa penyebab tingginya angka kematian dan kesakitan pada petugas KPPS pada pemilu sebelumnya.

Berita Utama

Scroll to Top