Kegiatan Sosial dan Keagamaan Pemkot Cimahi Selama Ramadan 1443 H 2022

Jam kerja ASN Kota Cimahi selama bulan Ramadan mengalami sedikit perubahan, namun Plt Wali Kota Cimahi memastikan pelayan kepada masyarakat tidak akan ada yang berkurang.

NyaringIndonesia.com, CIMAHI – Sejak awal Ramadan 1443 H 2022 Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi tetap melaksanakan tugas pokoknya tanpa mengurangi kwalitas pelayanan kepada masyarakat.

Agar tidak mengganggu terhadap aktifitas, Pemkot Cimahi telah melakukan penyesuaian jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) selama Ramadan 2022 sesuai aturan dari pemerintah pusat. Yakni, sekira 7 jam ASN melakukan kewajiban pekerjaannya dalam sehari.

” Pemkot Cimahi mengikuti aturan pemerintah pusat soal jam kerja selama ramadan. Tinggal menyesuaikan,” ujar Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Minggu lalu (3/4/2022).

Pengaturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Nomor 11 Tahun 2022 tentang jam kerja pegawai aparatur sipil negara selama bulan Ramadan 1443 Hijriah di lingkungan pemerintah.

Adapun ketentuan yang tertuang dalam SE adalah, bagi instansi pemerintah yang memberlakukan lima hari kerja, jam kerja ASN selama Ramadan 2022 menjadi pukul 07:30 hingga pukul 14:30 pada hari Senin hingga Kamis, dengan waktu istirahat diberikan pada pukul 12.00 hingga pukul 12.30.

” Sementara untuk hari Jumat, jam kerja ASN Ramadan 2022 pada pukul 07:30 hingga pukul 15:00 dengan jam istirahat pada pukul 11.30 hingga pukul 12.30″ sebut Ngatiyana.

Kendati begitu, pihaknya memastikan kinerja pelayanan kepada masyarakat tidak terkendala meski jam kerja selama ramadan digeser.

Sementara untuk mengisi kegiatan Ramadan kali ini, Pemkot Cimahi telah melakukan sejumlah bantuan sosial guna meringankan masyarakat dan kegiatan keagamaan di bulan Ramadan dalam rangka memperkuat keimanan baik untuk dilingkungan pemerintahan maupun di masyarakat.

BACA JUGA:  Petugas Satpol PP Kota Cimahi Menarget Dalam Sepekan Baligo akan Dibersihkan

Bantuan Sosial

IMG 20220423 181003
Bantuan minyak goreng curah yang diberikan Pemkot Cimahi khusus untuk para pedagang, lokasi penyaluran di Pasar Atas Baru Kota Cimahi.

Pemkot Cimahi melalui Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi telah menyediakan minyak goreng dalam Operasi Pasar Murah (OPM) pada bulan Ramadan.

Diantaranya minyak goreng yang dibagikan Pemkot Cimahi bagi para pedagang untuk selanjutnya disalurkan kembali ke masysrakat guna mengantisipasi kelangkaan.

”  Operasi pasar minyak goreng curah ini diprioritaskan bagi para pedagang di pasar Kota Cimahi. Totalnya sebanyak 12 Ton, dan untuk masing-masing pedagang akan diberikan jatah 60 kg dengan harga pembelian Rp 14.500/kg,” tutur Ngatiyana, pada 6 April 2022 di Pasar Atas Baru.

Dengan begitu, ia berharap tidak ada lonjakan harga jual di masyarakat yang memberatkan masyarakat. Para pedagang diperkenankan menjual ke konsumen dengan harga tidak boleh melebihi HET yang telah ditentukan pemerintah, yakni Rp.15.500/kg.

IMG 20220423 181045
Berbagai produk barang jadi pakaian dan lain-lain yang digelar Pemkot Cimahi melalui Disdagkoperin di pelataran gedung B kantor Pemkot Cimahi ini, guna membantu mengenalkan sekaligus  menjualkan produknya.

Selain itu, untuk membantu perekonomian para pelaku usaha pakaian jadi, Pemkot Cimahi melalui Disdagkoperin menggelar kegiatan bazar Ramadan 1443 Hijriyah 2022 di Selasar Gedung B Kompleks Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi.

BACA JUGA:  Warga RW 15 Cibeureum Akan Gandeng Donatur Wujudkan Kantor RW

Bazar yang menjual aneka produk hasil industri Kota Cimahi tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan kepada masyarakat. Pada sejumlah tenant terdapat berbagai merk pakaian jadi, hasil dari industri yang ada di Kota Cimahi. Diantaranya  seperti baju, celana, kerudung, sajadah, dan baju bayi.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Disdagkoperin Kota Cimahi Dessy Setiawati, selain semakin dikenal bazar tersebut juga untuk membantu para pelaku industri agar produknya bisa dibeli oleh masyarakat termasuk para pegawai Pemkot Cimahi.

“Jadi ada beberapa produk yang akan kita libatkan dalam bazar yang berlangsung selama dua hari pada 21-22 April 2022. Ini baru pertama, pemanasan dulu sebelum kegiatan yang lebih besar. Mudah-mudahan bisa sambil mengenalkan produk hasil industri Kota Cimahi kepada masyarakat,” tuturnya.

Keagamaan

IMG 20220423 181135
Tawarih keliling atau Tarling yang di lakukan Pemkot Cimahi dilakukan selama bulan Ramadan, setiap masjid yang mendapat giliran Tarling mendapat bantuan senilai Rp 10 juta untuk biaya kebutuhan masjid.

Kegiatan rohani seperti Tarawih Keliling (Tarling) ke masjid-masjid yang ada di Kota Cimahi merupakan bagian agenda utama yang selalu Pemkot Cimahi lakukan dalam mengisi bulan Ramadan setiap tahunnya.

Hingga akhir Ramadan nanti, Pemkot Cimahi mengagendakan melakukan kunjungannya ke-10 masjid yang terdapat di 15 kelurahan se-Kota Cimahi.

Pada setiap kegiatan Tarling, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana selalu memanfaatkan momentum tersebut menjadi ajang silahturahmi dengan warganya. Ia menilai, waktu seperti ini sangat efektif untuk memperkuat sinergitas antar ulama dan umaro serta masyarakat.

BACA JUGA:  Pemkab Meranti Gelar Rakor PPKE 2022

“Melalui Safari Ramadhan ini kita dapat memperkuat silaturrahim serta sinergitas antar ulama, umaro dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kesepahaman dalam melanjutkan pembangunan Kota Cimahi,” ungkap Ngatiyana saat kunjungannya ke Masjid Al-Ashr RW 11 Kelurahan Cipageran, pada Rabu (06/04/2022).

Tak hanya itu, kesempatan seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mensosialisasikan hasil pembangunan yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Cimahi sekaligus menyampaikan informasi berbagai program terbaru yang akan dan sedang dilaksanakan Pemerintah Kota Cimahi.

IMG 20220423 181312
Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana setiap melakukan Tarling, selalu dimanfaatkan untuk mensosialisasikan perkembangan pembangunan Kota Cimahi, juga sekaligus dijadikan ajang silahturahmi antara Ulama, Umaro, dan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, selain kita mengharapkan rahmat, ampunan, magfiroh, dan berkah dari Alloh SWT, kita juga bisa memanfaatkan hal positif lainnya seperti memperkuat bersilahturahmi serta memberikan informasi perkembangan kegiatan,  baik pembangunan yang sudah dan sedang dilaksanakan Pemkot Cimahi,” terangnya.

Diketahui, setiap masjid yang mendapat giliran program Tarling yang di gelar Pemkot Cimahi, mendapat bantuan senilai Rp 10 juta,  untuk biaya kebutuhan operasional  masjid.

Namun yang terpenting, lanjut Ngatiyana, pada tiap bertemu momentum bulan Ramadan baik masyarakat maupun para pimpinan serta pegawai Pemerintahan Kota Cimahi ketaqwaan dan keimanannya menjadi semakin bertambah.

Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen yang ada di Kota Cimahi untuk memperbanyak amal ibadah, terutama pada bulan yang suci ini. (Agl/Advetorial)

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur