Kelurahan Cibeureum Masuk Tiga Besar Lomba Tingkat Jabar

Kelurahan Cibeureum Masuk Tiga Besar Lomba Tingkat Jabar
Achmad Suparlan Kepala Kelurahan Cibeureum bersamaAsisten 1 Pemerintahan dan Kesra Kota Cimahi Maria Fitriana

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Bersyukur Kota Cimahi masih punya perwakilan Kelurahan untuk dilombakan di tingkat Jawa Barat tahun 2022. Yaitu Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Selatan, yang dinilai pantas untuk mewakilinya.

Kedatangan tim klarifikasi yang datang untuk melihat langsung wilayah itu, disambut Pelaksana tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Cimahi Maria Fitriana, dan Lurah Cibeureum Achmad Suparlan.

“Alhamdulillah, Kelurahan Cibereum dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat telah masuk sebagai tiga besar,” ungkap Ngatiyana.

Menurutnya, Perlombaan Kelurahan merupakan salah satu langkah untuk menilai keberhasilan pembangunan kelurahan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan karena kelurahan merupakan unsur pelayanan yang terdepan, dan yang banyak berhubungan langsung dengan masyarakat.

BACA JUGA:  Masyarakat Cimahi Bisa Rasakan Pembangunan Jembatan Double Trak

“Perlombaan kelurahan sebagai kegiatan evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan, atas usaha kelurahan dan masyarakat selama dua tahun terakhir, dengan melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dan dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Serta mendorong partisipasi masyarakat, sehingga diharapkan terciptanya good governance,” beber Ngatiyana.

Dalam pelaksanaannya dituntut adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, dengan mempertimbangkan aspek-aspek efisiensi, efektivitas dan objektivitas.

“Untuk itu, kami atas nama Pemerintah Kota Cimahi sangat mendukung dan berkomitmen dalam kegiatan perlombaan kelurahan, sebagai upaya untuk mengukur kinerja pemerintah daerah melalui kelurahan dalam pemberdayaan masyarakat,” terang Ngatiyana.

Ngatiyana mengungkapkan sebagai kota otonom yang belum lama berdiri, Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cimahi khususnya, dan warga Jawa Barat pada umumnya.

BACA JUGA:  20 Pasangan Pasutri di Kota Cimahi Melangsungkan Isbat Nikah

Ia pun menyebutkan meskipun Kota Cimahi masih relatif muda, namun berbagai prestasi yang membanggakan telah diukir, khususnya dalam Perlombaan Kelurahan atau sebelumnya dikenal dengan Lomba EKPM yang telah diikuti Kota Cimahi.

“Dengan semangat saluyu ngawangun jati mandiri telah menjadi tekad kami untuk lebih berkiprah dalam memperkuat peranserta masyarakat, melalui kelurahan sebagai salah satu lembaga pemerintahan yang langsung berhubungan dengan masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Ngatiyana.

Melihat prestasi Kelurahan Cibereum selama beberapa tahun terakhir, Ngatiyana optimis dapat mengulang keberhasilan Kota Cimahi memenangkan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2009. Pada tahun 2009, Kota Cimahi yang diwakili oleh Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah tampil sebagai juara pertama se-Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:  Atasi Macet Jadi Target Dishub Cimahi Pada FGD Pada 2023 Mendatang

Ia menyebut berbagai prestasi yang diraih oleh Kota Cimahi selama kurun waktu 21 tahun terakhir ini, merupakan hasil sinergitas seluruh elemen yang ada di Kota Cimahi,

“Prestasi yang telah kita raih ini adalah hasil dari sinergitas kerja keras semua pihak baik dari masyarakat, swasta maupun pemerintah daerah untuk menjaga situasi-kondisi daerah agar tetap kondusif, sehingga seluruh program-program pembangunan dapat dilaksanakan dengan lancar,” sebutnya.

Ia berharap agar Kelurahan Cibeureum dapat menampilkan keberhasilan yang telah diraih, untuk dapat lebih digali dan diekspose, serta mampu memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

“Harapan kita semua, Kelurahan Cibeureum yang mewakili Kota Cimahi pada Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat dapat menjadi wakil Jawa Barat di tingkat nasional, aamiin,”

BERITA TERBARU

Aplikassi e-TJSP Hadir Untuk Solusi

PEKANBARU, NyaringIndonesia.com – Bupati Bengkalis kasmarni launching aplikasi Elektronik Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (e-TJSP) “Tanjak Bermasa” Kabupaten