Konglomerat Arab Rela Berikan Hampir Seluruh Hartanya Untuk Amal

Konglomerat Arab Rela Berikan Hampir Seluruh Hartanya Untuk Amal
Sulaiman Al Rajhi rela berikan hampir seluruh hartanya untuk amal, karena kesadaran harta yang dimilikinya hanya titipan dari Alloh Swt.

NyaringIndonesia.com Pendiri Al Rajhi Bank, Sulaiman Abdul Aziz Al-Rajhi rela melepas hampir seluruh kekayaannya untuk kegiatan amal. Aksinya itu jadi sorotan publik di Arab Saudi bahkan dunia.

Dilansir dari Arab News, Senin (25/4/2022), Forbes pernah memperkirakan kekayaan Sulaiman mencapai 7,7 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp110,11 triliun (asumsi kurs Rp14.300). Hal itu membuatnya dinobatkan sebagai orang terkaya ke-120 dunia.

Sebelum seperti ini, Sulaiman Al Rajhi terlahir dari keluarga yang tidak tidak mampu. Sejak usia 9 tahun, dia sudah bekerja sebagai porter yang mengangkut belanjaan pengunjung di pasar Al Khadra Riyadh.

Menginjak usia 12, Sulaiman Al-Rajhi bekerja sebagai pengumpul kurma, dalam kondisi itu bahkan dia harus tertidur diatas kerikil dan tidak merasakan berganti pakaian.

BACA JUGA:  Tak Suka Umbar Harta, Tapi Ketahuan Narji Masih Orang Tajir

BACA JUGA: 7 Amalan yang pahalanya Berlipat di Bulan Ramadhan

Sulaiman malah beberapa kali mencoba peruntungan, dengan menjadi koki salah satu hotel di Riyadh, menjadi penjual minyak hingga membuka toko kelontong.

Sulaiman Al-Rajhi juga sempat bekerja di perusahaan pertukaran mata uang yang dimiliki saudaranya, Saleh Al Rajhi, sebelum bekerja sama mendirikan cabang baru perusahaan tersebut pada 1956.

Berkat kegigihannya, Sulaiman Al-Rajhi berhasil membuka 30 cabang perusahaan di seluruh Arab Saudi. Selain itu, dia juga mulai merambah ke negara tetangga seperti Mesir dan Lebanon. Sampai pada akhirnya Sulaiman Bersama dua saudara kandungnya berhasil mendirikan bank Syariah terbesar di dunia, Al Rajhi Bank.

BACA JUGA:  Meski Sudah Kaya, Bos Perahu di Karawang Masih Pake Hp Jadul

BACA JUGA: Masuk Ramadhan 1443 H, AABI DAC Kota Cimahi Kembali Bagikan Sahur Gratis

Uniknya, saat dia sudah berhasil mengumpulkan kekayaan, dia justru melimpahkan kekayaan yang dia miliki untuk pekerjaan amal, ia menyumbangkan saham bank, peternakan unggas, perkebunan kurma serta membangun universitas gratis kepada kaum dhuafa yang fokus pada kesehatan dan keuangan Syariah. Tidak cukup sampai di situ, ia juga menyerahkan dua hotel miliknya di Makkah sebagai upaya penanganan Covid-19.

Satu alasan yang membuat Sulaiman Al Rajhi memutuskan untuk membagikan sebagian besar harta kekayaannya, sesuai dengan keyakinan yang dianutnya, seluruh kekayaan di muka bumi ini adalah milik Allah semata.

Selain itu, dia tak ingin menghabiskan masa tuanya hanya untuk mencari uang. Dia ingin menikmati waktu yang sangat berharga dalam hidupnya untuk hal-hal yang lebih berguna.

BACA JUGA:  Kegiatan Sosial dan Keagamaan Pemkot Cimahi Selama Ramadan 1443 H 2022

 

BERITA TERBARU