Konsep Smart Farming Solusi Menanam Paprika

Hasil panen Prapikan menggunakan konsep Smart Farming

JAWA BARAT, NyaringIndonesia.comGoplants adalah perusahaan start up bidang pertanian yang berhasil panen tanaman Paprika di Cijambe Kota Bandung pada Januari 2022 lalu, dengan menggunakan teknologi Smart farming.

Menurut CEO Geoplant Nusantara Raidi Rahman, sebenarnya jika melihat kondisi alam di daerah Cijambe, tidak cocok untuk ditanami tanaman Paprika. Namun dengan teknologi Smart Farming hal yang dianggap tidak mungkin bisa jadi mungkin, dan ini buktinya.

“Kami senang, ternyata dengan pemanfaatan teknologi ini bisa merubah paradigma sesuatu yang tidak mungkin jadi mungkin,”ungkap CEO Goplants Nusantara Raidi Rahman. Jumat (20/01/2023)

Smart Farming atau Smart Agriculture merupakan teknologi di era Industri 4.0
untuk pengembangan pertanian modern, yang merupakan evolusi dari precision farming.

Smart farming juga merupakan konsep manajemen pertanian yang menggunakan teknologi modern untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk pertanian, berbasis teknologi.

Screenshot 20230119 221059
Alat Gobasic Smart Farming Goplants

Dengan begitu, kedepan para petani bisa meningkatkan
hasil panen dan menjaga kualitasnya melalui teknologi pemindaian tanah, manajemen data, akses GPS, serta teknologi Internet of Things.

“Kita startup dibidang Teknologi dan bisnis pertanian dengan visi untuk membangun ekosistem pertanian ‘Back to Nature’ melalui pemanfaatan teknologi dan digitalisasi” beber pria lulusan IPB Bogor ini.

“Tapi saya dan rekan mempelajari Smart Farming saat ikut pelatihan yang diselenggarakan BPVP Bandung Barat” tambah Raidi.

Raidi beserta ke empat rekan lainnya telah menjadikan Goplants sebagai perusahaan dengan nama CV Goplants Nusantara.

“Goplants terbentuk dari pemikiran dan latar belakang profesi yang berbeda, ada yang dari pengusaha supplier, sayur dan buah, pekerja IT, Media dan Pensiunan Manager Supply Chaint perusahaan minuman terkemuka.,” sebutnya.

Masih kata dia, ujicoba menanam Paprika di Cijambe sekaligus sebagai riset dan ujicoba alat dan aplikasi Smart Farming Goplants. Alat ini diberi nama GoBasic, karena selain bisa otomatisasi dalam mengontrol irigasi, suhu dan kelembapan, Gobasic juga
terhubung pada Aplikasi goplants sehingga Go basic yang bisa di operasionalkan dari
jarak jauh melalui Internet.

“Jadi walaupun rumah saya jauh di daerah Cimahi, tapi kita bisa mengontrol
kebun yang ada di Cijambe,” katanya.

Diketahui, alat Gobasic Smart Farming Goplants
Prestasi terbaik Goplants pada tahun 2022 berhasil masuk 100 besar Dunia
kompetisi Startup yang diselenggarakan oleh Huawei.

“Insaa Allah, pada Maret 2023 Goplants akan Launching alat dan
mengajak masyarakat khususnya anak muda perkotaan untuk bergabung dalam
ekosistem Goplants,karena regenerasi petani itu sangat menjadi persoalan. Namun dengan pendekatan Tehnologi IOT, pertanian akan menjadi mudah dan menyenangkan.” Harapnya,

Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih banyak tentang
goplants bisa mengunjungi halaman istagram @goplantsnusantara atau website
www.goplants.id   

 

Berita Utama

Scroll to Top