Konyol, Remaja Korbankan Nyawanya Demi Konten

NyaringIndonesia.com – Satu korban meninggal akibat aksi nekat menghadang truk, dilakukan dua remaja demi konten
kembali terjadi di Jl Raya Exit Tol Gunung Putri, Bogor, Sabtu (14/1/2023).

Aksi konyol mereka harus dibayar mahal dengan nyawa mereka sendiri. Parahnya, fenomena itu justru sering dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia.

Video viral dan beredar beberapa akun media sosial tersebut menjelaskan jika kedua remaja itu dengan sengaja menghadang truk untuk keperluan konten.

Dilansir dari Kompas.com Plus, Pengamat transportasi dari INSTRAN (Institut Studi Transportasi) Darmaningtyas mengatakan bahwa fenomena itu sudah dilakuka  sejak lama.

“Itu kan isu lama. Bahwa tindakan remaja seperti itu amat membahayakan keselamatan lalu lintas maka harus ditindak tegas. Dan sebaiknya kalau ada video sejenis jangan diviralkan karena kalau diviralkan makin membuat mereka senang, sesuai dengan target mereka,” kata Darmaningtyas. Minggu (15/1/2023).

BACA JUGA:  Pussenarmed: Weapon Location Radar (WLR) lulus uji sertifikasi

Jika dilihat dari sisi keselamatan berkendara, aksi kedua remaja ini sangatlah fatal karena truk merupakan kendaraan dengan dimensi yang besar, dan truk tidak bisa melakukan rem mendadak.

“Masyarakat harus paham bahwa truk itu kendaraan yang besar secara dimensi, kekuatan, bobot dan momentum. Sehingga ketika berjalan dan harus berhenti, butuh ruang dan jarak yang panjang karena momentum truk besar,” kata Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Artinya, untuk menggerakkan truk membutuhkan kekuatan mesin yang besar, ditambah lagi bobot kendaraan yang berat juga menjadi faktor untuk melakukan rem tidak bisa mendadak.

“Itu jadi alasan kenapa truk yang dipaksakan untuk berhenti seketika, justru berujung gagal rem alias blong,” kata Sony.

BACA JUGA:  Misteri Keberadaan Harimau Jawa alias Mbah Loreng

Untuk itu, Sony menyarankan kepada pengendara lain untuk berhati-hati bila ada truk sedang melaju di belakang. Sebaiknya segera jaga jarak dan jangan mengurangi kecepatan mendadak jika berkendara di depan truk.

BERITA TERBARU