Manfaat Membaca Nyaring Untuk Anak

Nyaring
Webinar literasi secara virtual dengan tema Manfaat Membaca Nyaring Untuk Menumbuhkan Daya Pikir Kritis Anak

BENGKALIS, NyaringIndonesia.com – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis mengikuti webinar literasi secara virtual dengan tema Manfaat Membaca Nyaring Untuk Menumbuhkan Daya Pikir Kritis Anak, di ruang rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis, pada Kamis (20/10/2022).

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diikuti oleh DWP seluruh Indonesia yang dibuka langsung Ketua DWP Pusat Erni Tjahjo Kumolo di Jakarta.

Erni Tjahjo Kumolo menjelaskan masa pertumbuhan intelektual otak anak pada usia 4 tahun mencapai 50 persen, usia 8 tahun meningkat menjadi 80 persen dan menjadi optimal di usia 18 tahun.

“Usia dini sangat penting untuk perkembangan anak, melalui webinar ini perlu dilakukan membaca nyaring dan memberikan buku yang menarik dimulai sejak usia dini,” kata Erni.

Erni menambahkan melalui membaca nyaring sejak dini dapat membentuk minat bacaan sebagai salah satu bentuk untuk membantu literasi sejak dini melalui pengenalan bunyi, intonasi dan kemampuan mendengar, aktivitas tersebut membantu anak untuk menambah kosa kata dalam buku yang dibaca sejalan dengan program Kementerian bidang literasi.

“Acara yang ditaja DWP Pusat ini menghadirkan narasumber spesialis anak dari Kementerian Kesehatan dan Pakar membaca nyaring Republik Indonesia dengan jumlah peserta 3000 lebih DWP,” ujarnya.

Sementara itu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim berharap melalui webinar yang dilaksanakan sebagai langkah awal dalam meningkatkan minat baca anak sejak usia dini.

“Saat ini peran orang tua harus semakin kuat mengingat pelecehan seksual terhadap anak sejak dini terus meningkat, melalui membaca nyaring tentunya akan meningkatkan sel otak semakin berkembang dan pelecehan seksual dapat diminimalisir,” ujar Menteri.

Ikut hadir dari DWP Bengkalis Wakil Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Susi Aulia didampingi Ketua DWP unit Kabupaten Bengkalis.

Susi Aulia mengatakan melalui webinar yang dilaksanakan, DWP Kabupaten Bengkalis siap untuk berkolaborasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menjelaskan manfaat dari membaca nyaring.***

Berita Utama

Scroll to Top