Mencela Hujan Dalam Islam

hujan
Illustrasi Hujan (pixabay)

NyaringIndonesia.com – Tidak sedikit orang banyak meyalahkan hujan apalagi hingga terjadi bencana. Padahal hujan merupakan berkah dari Allah SWT yang patut di syukuri.

Seperti dalam firman Allah SWT yang berbunyi,

“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji. ” (QS. Asy Syura: 28).

Seperti dala firman Allah SWT lainnya,

”Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf: 18)

Maka dari itu berkatalah yang baik dalam menyikapi setiap rahmat-Nya. Jangan sia-siakan waktu dengan mengatakan hal yang tidak baik. Seperti mencela angin yang menandai turunnya hujan.

BACA JUGA:  Penentuan Waktu Salat Menurut Ilmu Falak

Sementara dalam hadistnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

”Janganlah kamu mencaci maki angin.” (HR. Tirmidzi no. 2252, dari Abu Ka’ab. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Allah yang mengatur segala hal yang terjadi di alam semesta ini, Saat kita mencela suatu rahmat-Nya, maka itu sama halnya kita telah mencela penciptanya, Allah SWT.

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

“Janganlah kamu mencela masa, karena Allah adalah masa!” [HR. Muslim dalam Shohih-nya (2246), dan Ahmad dalam Al-Musnad (9126)]

Saat hujan turun, justru kita dianjurkan untuk membaca doa ketika turun hujan berikut ini.

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha;

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

BACA JUGA:  Hari Raya Idul Adha

Waktu saat turunnya hujan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Hukum berdoa saat hujan tertuang dalam hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shahiihul Jaami’ no. 3078).

Berdasarkan berbagai keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa mencela hujan merupakan hal yang terlarang dalam Islam.

BERITA TERBARU