Pakar Ekonomi Rizal Ramli Meninggal Dunia Akibat Kanker Pankreas, Prof. Ari Fahrial Syam Berikan Penjelasan

Pakar ekonomi
ilustrasi kanker pankreas

Nyaringindonesia.com – Pakar ekonomi ternama Indonesia, Rizal Ramli, telah meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) akibat kanker pankreas stadium 4.

Kanker pankreas adalah pertumbuhan jaringan abnormal yang terjadi pada pankreas, sebuah kelenjar yang terletak di bagian abdomen atau perut bagian belakang, tepatnya di belakang lambung.

Profesor Ari Fahrial Syam, Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), memberikan pandangannya tentang kanker pankreas.

Menurutnya, deteksi dini sangat penting karena akan mempermudah penanganan dan meningkatkan peluang kesembuhan.

“Dengan deteksi dini, penanganan seperti operasi akan lebih sederhana dan efektif,” ungkap Prof. Ari pada media briefing virtual pada Senin (8/1/2024).

Namun, ia juga menekankan bahwa kanker pankreas yang didiagnosis pada stadium lanjut memiliki prognosis yang lebih rendah.

“Jika ditemukan pada stadium empat, risiko kematian dalam satu tahun pertama mencapai kurang dari 10 persen,” jelasnya.

Prof. Ari menambahkan bahwa dengan perawatan yang tepat dan gaya hidup sehat, pasien bisa meningkatkan harapan hidupnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini seperti CT-Scan atau MRI, terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko.

Beberapa faktor risiko kanker pankreas antara lain usia di atas 55 tahun, jenis kelamin laki-laki, obesitas, tingginya kadar lemak dalam tubuh, diabetes melitus, merokok, dan konsumsi alkohol.

“Mencegah adalah langkah terbaik, dengan mengurangi faktor risiko, kita dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker pankreas,” pungkas Prof. Ari Fahrial Syam.

Berita Utama

Scroll to Top