Pendaftaran Program Bantuan KIP Kuliah 2024 Dibuka Bersamaan dengan SNPMB

Program Bantuan
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

JAKARTA, Nyaringindonesia.com – Pemerintah Indonesia membuka pendaftaran Program Bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk tahun 2024, bersamaan dengan pembukaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Informasi ini disampaikan melalui akun Instagram resmi @puslapdik_dikbud pada 7 Februari 2024.

Calon pendaftar diharapkan untuk membuat akun KIP Kuliah 2024 terlebih dahulu. Proses pendaftaran dapat dilakukan mandiri melalui situs web Sistem KIP Kuliah (kip-kuliah.kemdikbud.go.id) atau melalui aplikasi seluler KIP Kuliah.

Selama pendaftaran, calon mahasiswa diminta untuk memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang valid.

Setelah membuat akun, pendaftar harus menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti.

Langkah berikutnya melibatkan verifikasi oleh perguruan tinggi setelah calon penerima KIP Kuliah dinyatakan diterima.

Pendaftar harus memenuhi sejumlah syarat, termasuk lulus dari SMA atau sederajat, memiliki potensi akademik yang baik, tetapi menghadapi keterbatasan ekonomi yang didukung oleh dokumen valid.

Mereka juga diharapkan memiliki Kartu KIP, Kartu Keluarga Sejahtera, atau terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Program KIP Kuliah memberikan bantuan kepada calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Dengan pembukaan pendaftaran KIP Kuliah bersamaan dengan SNPMB, diharapkan lebih banyak calon mahasiswa yang memperoleh akses ke pendidikan tinggi.

Berita Utama

Scroll to Top