Mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah Berpeluang Besar Raih Beasiswa IISMA Tahun 2024

Mahasiswa
ilustrasi Mahasiswa

Nyaringindonesia.com – Mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah memiliki peluang lebih besar untuk meraih beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2024.

Dalam pengumuman resmi, Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, menjelaskan bahwa pendaftaran beasiswa ini terbuka melalui tiga jalur seleksi jalur reguler, afirmasi, dan co-funding.

Para ahli menilai bahwa mahasiswa yang telah mendapatkan KIP Kuliah memiliki keuntungan tersendiri dalam jalur afirmasi, karena jalur ini diperuntukkan bagi mereka yang mendapatkan Beasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah.

Selain itu, jalur afirmasi juga terbuka bagi mahasiswa yang berasal dari daerah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres).

Rachmat Sriwijaya menjelaskan perbedaan masing-masing jalur seleksi. Jalur reguler dikhususkan bagi mahasiswa umum, sementara jalur afirmasi memberikan kesempatan lebih kepada mahasiswa penerima KIP Kuliah dan Bidikmisi, serta mahasiswa dari daerah tertinggal.

Sementara itu, jalur co-funding merupakan opsi bagi mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam IISMA dengan beasiswa terbatas, dengan pendanaan bersama antara pemerintah dan mahasiswa.

Pendaftaran untuk jalur reguler dan afirmasi akan dilakukan bersamaan, dimulai pada tanggal 23 Januari hingga 14 Februari 2024.

Sementara itu, jalur co-funding akan dibuka setelah seleksi jalur reguler dilakukan, dengan pilihan perguruan tinggi yang terbatas dan pendanaan parsial dari Kemendikbud Ristek dan mahasiswa.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam, mengungkapkan bahwa kuota program IISMA 2024 mencapai 3.000 hingga 3.300 peserta, dengan 140 hingga 150 universitas mitra di 30 negara.

Ia juga memberikan tips kepada calon pendaftar, yakni untuk mempersiapkan diri dengan kemampuan bahasa asing yang baik, memilih program studi yang beragam, dan tetap aktif dalam kegiatan mahasiswa.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek, Prof. Sri Suning Kusumawardani, menyatakan bahwa program IISMA memberikan kesempatan emas bagi mahasiswa unggul dari Sabang sampai Merauke untuk belajar selama satu semester di perguruan tinggi terbaik dunia dengan dukungan pembiayaan dari pemerintah Indonesia.

Program ini dianggap sebagai langkah strategis untuk membangun jejaring yang lebih luas, meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja, dan membuktikan kesuksesan lulusan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pendaftaran untuk program IISMA 2024 dapat dilakukan melalui laman resmi https://iisma.kemdikbud.go.id mulai 23 Januari hingga 14 Februari 2024.

Calon pendaftar diharapkan memenuhi syarat umum dan khusus yang telah ditetapkan, termasuk persyaratan bahasa asing seperti TOEFL, IELTS, Duolingo, atau TOEIC sesuai dengan jenjang studi mereka.

Bagi yang berminat, saatnya mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi dan mengejar kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi terkemuka dunia melalui IISMA 2024.

Editor : Chuvez

# # # # #

Berita Utama

Scroll to Top