Presiden Jokowi Melakukan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden
Presiden Jokowi Bersama Raffi Ahmad Saat Uji coba Kereta Cepat Jakarta - Bandung
JAKARTA, Nyaringindonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada hari Rabu, 13 September 2023. Uji coba ini dimulai dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur. Pantauan media menunjukkan bahwa Jokowi tiba di Stasiun KCJB sekitar pukul 08.50 WIB dan mengawali kegiatannya dengan berkeliling stasiun.

Setelah berkeliling, Jokowi menuju peron kereta cepat dan duduk di gerbong paling depan. Kereta cepat berangkat pada pukul 09.00 WIB dengan tujuan akhir di Stasiun Padalarang. Dari sana, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung menggunakan feeder.

Dalam uji coba ini, Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menhub Budi Karya Sumadi, Seskab Pramono Anung, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, serta mantan Menparekraf Wishnutama. Selain itu, Jokowi juga mengajak sejumlah artis, influencer, dan Puteri Indonesia untuk merasakan pengalaman perjalanan dengan kereta cepat.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung dirancang dan diproduksi oleh CRRC Sifang Co Ltd. Seluruh rangkaian kereta cepat ini telah selesai diproduksi pada Agustus 2022 dan tiba di Indonesia melalui jalur laut. Pada November 2022, kereta ini menjalani uji coba. Pengujian sistem dan pengujian bersama dimulai pada Mei 2023, dan kereta ini mencapai kecepatan 350 kilometer/jam pada Juni 2023.

Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang total 142 kilometer, dan saat dioperasikan, perjalanan antara Jakarta dan Bandung hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit, menghadirkan alternatif transportasi yang lebih cepat dan efisien antara dua kota utama di Indonesia.

Berita Utama