Setiap Ramadhan, Konsumsi Listrik Rumah Tangga di Wilayah Cimahi Biasanya Naik

Setiap Ramadhan, Konsumsi Listrik Rumah Tangga di Wilayah Cimahi Biasanya Naik
Setiap Ramadhan, Konsumsi Listrik Rumah Tangga di Wilayah Cimahi Biasanya Naik

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Guna menunjang kekhusuan peribadatan umat muslim pada bulan Ramadhan 1443 H tahun 2022, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi, terus mempersiapkan kehandalan pasokan listrik.

Untuk menjamin itu semua, UP3 Cimahi telah menyiagakan sejumlah personilnya di sejumlah Unit Layanan Pelanggan yang meliputi Cimahi Kota, Cimahi Selatan, Rajamandala, Cililin, Lembang, dan Padalarang serta satu Unit Layanan Pelanggan khusus, Prima Cibabat.

Manager PLN UP3 Cimahi Albert Sitompul menyebutkan sejumlah persiapan yang telah dilakukan diantaranya menyiagakan 216 personil pelayanan teknik yang bersiaga selama 24 jam. Selain itu setidaknya disiagakan 7 Unit Gardu Bergerak, 1 unit mobil crane, 2 unit mobil double cab, 4 unit genset kapasitas 5,5 kVA serta 1 unit UPS dengan kapasitas 80 kVA.

BACA JUGA:  Jokowi Serahkan BLT Untuk Warga Bandung

“Peralatan-peralatan tadi dipersiapkan untuk mengantisipasi adanya gangguan insidentil agar kegiatan selama bulan Ramadhan tidak terganggu,” ungkap Albert.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan  biasanya setiap bulan Ramadhan konsumsi energi listrik lebih meningkat dibanding bulan lainnya. Menurut prediksi akan ada peningkatan beban puncak selama bulan suci Ramadhan terutama pelanggan dari sektor Rumah Tangga. Apabila di hari biasa terdapat 1 periode saja peningkatan beban puncak sekitar pukul 18.00-22.00 setiap harinya, maka ketika bulan Ramadhan peningkatan konsumsi listrik secara signifikan akan terjadi dua kali yaitu pada pukul 18.00-22.00 kemudian pukul 02.00-06.00 di saat pelanggan melaksanakan santap sahur dan kegiatan keagaamaan selama dini hari.

BACA JUGA: Antispasi Penyebaran Varian Umicron, Semua Karyawan PLN UP3 Cimahi Wajib di Vaksinasi

BACA JUGA:  Penghapusan Daya 450 VA

“Kami perkirakan peningkatan konsumsi di sektor rumah tangga sekitar 20% bila kita tinjau dari beban puncak. Di PLN UP3 Cimahi sendiri beban puncak rata-rata sekitar 350 MW, tetapi peningkatan memang hanya terjadi di sisi pelanggan rumah tangga saja. Untuk industri, bisnis dan segmen pelanggan lain kemungkinan tidak berubah secara signifikan.”

” Bahkan khusus industri kemungkinan akan terjadi penurunan menjelang Hari Raya Idul Fitri dikarenakan sebagian perusahaan melakukan libur produksi. Tetapi kita masih mengharapkan ada pertumbuhan konsumsi listrik untuk segmen industri penunjang selama Ramadhan sampai Idul Fitri nanti seperti dari produksi bahan makanan, tekstil, dan juga retail,” tambahnya.

Bagi pelanggan yang mengalami kendala atau pun gangguan pasokan listrik PLN membuka layanan informasi, pengaduan, & laporan dengan men-download Aplikasi New PLN Mobile dan Contact Center PLN 123 melalui  Telepon/ HP: (kode area) 123,  Instagram: @pln123_official, Facebook Page: PLN 123,  Email:pln123@pln.co.id dan Twitter : pln_123.

BACA JUGA:  Hadiah Danpussenarmed Untuk Dua Perenang SEA GAMES 2022

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur