Status Darurat Sampah di Cianjur: Solusi Sementara Hadapi TPA Mekarsari yang Belum Beroperasi

status darurat sampah
Status Darurat Sampah di Cianjur Solusi Sementara Hadapi TPA Mekarsari yang Belum Beroperasi

CIANJUR, Nyaringindonesia.com – Pemerintah Kabupaten Cianjur mengumumkan status darurat sampah selama 14 hari terhitung sejak Jumat, 19 Januari 2024, hingga Rabu, 31 Januari 2024. Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap ketidakmampuan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mekarsari untuk beroperasi.

Asisten Daerah II Pemkab Cianjur, Budi Rahayu Toyib, menjelaskan bahwa kebijakan tersebut dihasilkan dari rapat antara dinas terkait.

Salah satu hambatannya adalah habisnya lahan di Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang seharusnya menjadi tempat penampungan sementara sampah.

“Saat ini permasalahan yang terjadi yaitu lahan yang ada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) tempat penampung sampahnya sudah habis. Lalu saat kita coba tampung di TPA Mekarsari juga belum bisa,” ujar Budi Rahayu Toyib, seperti dilansir dari Tribun Jabar, Senin (22/1/2024).

Dalam masa tanggap darurat, pemerintah akan mengalihkan pembuangan sampah ke RTH Pasir Sembung. Sambil itu, upaya akan ditempuh untuk mempercepat pembangunan akses jalan di TPAS Mekarsari.

Budi menambahkan bahwa TPA Pasirsebung sebenarnya sudah tidak seharusnya menerima sampah karena telah diubah menjadi RTH.

Namun, karena belum ada TPA baru yang siap, sementara TPA Mekarsari tak bisa digunakan, sampah terpaksa dibuang ke Pasirsembung.

“Pemerintah masih harus memaksakan pembungan sampah di lahan-lahan yang masih ada di sana. Mudah-mudahan saja TPA Mekarsari sudah bisa digunakan sesuai dengan masa tanggap darurat sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, pembangunan jalan masuk ke TPAS Mekarsari sedang berlangsung, dengan biaya sekitar Rp 800 juta untuk pengerasan jalan sepanjang 900 meter.

Meski kontrak awal berdurasi 60 hari kalender, Budi menyatakan adanya percepatan dalam pelaksanaan proyek tersebut.

“Tapi setelah status darurat sampah, akan ada percepatan. Dari kontrak yang agak lama, kita akan percepat karena jalan itu sangat ditunggu,” pungkasnya.

Status darurat sampah ini menjadi langkah cepat pemerintah Cianjur dalam mengatasi kendala operasional TPA Mekarsari dan memastikan penanganan sampah yang efisien untuk sementara waktu.

Berita Utama

Scroll to Top