Yandex Gelar Seminar Kecerdasan Buatan dan Etika dengan Universitas Indonesia

Yandex
Perusahaan teknologi dan mesin pencarian Rusia, Yandex telah menyelenggarakaseminar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Nyaringindonesia.com – Perusahaan teknologi dan mesin pencarian Rusia, Yandex, telah menyelenggarakan dua seminar bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD) pada 22 dan 23 Januari 2024.

Seminar ini bertemakan “Kecerdasan Buatan dan Etika” dan merupakan bagian dari kampanye Yandex yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) dan Indonesian AI Society (IAIS).

Pada seminar tersebut, di Universitas Padjadjaran, topik yang dibahas mencakup “Latest Developments in Artificial Intelligence: Generative AI, Ethical Considerations, Exploring the Global Experience.

” Sementara di Universitas Pendidikan Indonesia, fokusnya adalah “Latest Development in AI: Generative AI, Ethical Considerations, AI in the Field of Education.”

Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria, dan Direktur Teknologi Informasi Kominfo, Teguh Arifiyandi, hadir pada seminar di Universitas Gadjah Mada pada Desember 2023.

Seminar ini bertujuan untuk memperlihatkan lanskap kecerdasan buatan di Indonesia, menjelajahi praktik kecerdasan buatan, dan bagaimana AI dapat membantu menciptakan lingkungan digital yang lebih aman.

Pada seminar kali ini, Yandex membahas berbagai topik, termasuk etika kecerdasan buatan, pengembangan terkini dalam kecerdasan buatan, penerapan kecerdasan buatan di bidang pendidikan, dan aspek perlindungan data.

Ilya Zakharov dari Yandex Education membahas tren pendidikan saat ini dan prospek masa depan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan.

Selain itu, ditemukan pembahasan mengenai pertimbangan etis dalam pengembangan kecerdasan buatan dan upaya melindungi pengguna dari konten menyesatkan di layanan navigasi dan peta.

Seminar juga mencakup topik bio-komunikasi untuk AI, kecemasan terhadap AI, dan kolaborasi global dalam penelitian AI.

Seminar ini memberikan kesempatan bagi Yandex untuk berbagi pengalaman dan berkontribusi pada komunitas digital serta perkembangan teknologi di Indonesia.

Para pembicara menekankan pentingnya pengembangan dan penerapan kecerdasan buatan dengan cara yang bertanggung jawab dan dapat dipertanggungjawabkan, seiring dengan pertumbuhan dan inovasi ekosistem kecerdasan buatan.

Berita Utama

Scroll to Top