Peringatan Harkitnas 2022, Pemkot Cimahi Kobarkan Lawan Pandemi Covid-19

Peringatan Harkitnas 2022, Pemkot Cimahi Kobarkan Lawan Pandemi Covid-19
PLT. Walikota Cimahi Ngatiyana

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi gelar Upacara  tingkat Kota secara hybrid, yakni secara virtual melalui Zoom meeting dan tatap muka di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, pada Jumat (20/05/22).

Pembina Upacara Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn.) Ngatiyana dalam sambutannya menyampaikan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Bapak Jhonny G. Plate.

Dalam isi pidatonya, Jhonny menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kebangkitan Nasional hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja, namun lebih dari itu bangsa Indonesia harus memaknai sejarah dan makna dari Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei ini merupakan peringatan atas berdirinya Perhimpunan Boedi Oetomo yang menjadi tonggak pergerakan bangsa Indonesia untuk bangkit dan melawan penjajahan. Berdirinya organisasi pertama yang berlandaskan nasionalisme oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) ini menunjukkan bangkitnya nasionalisme bangsa Indonesia.

BACA JUGA:  Pansus Perlindungan Perempuan dan Anak (P2A) Kabupaten Bengkalis Kungker Ke Kabupaten Bandung

BACA JUGA: Kontingen Atlet KORMI Kota Cimahi Optimis Dapat Emas

Dijelaskannya bahwa kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

Pada peringatan Harkitnas 2022 mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama”. Tema ini dipilih agar dijadikan momentum untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi COVID-19, yang telah merusak semua sendi kehidupan.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, memaknai Kebangkitan Nasional merupakan upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

BACA JUGA:  Disdukcapil Bengkalis Gencar Lakukan Pelayanan Jebol

Seiring dengan pemulihan pasca pandemi COVID-19 yang menunjukkan semakin menurunnya kasus COVID-19 di Indonesia, secara perlahan ekonomi nasional juga semakin meningkat. Bila dibandingkan, perekonomian Indonesia pada Triwulan I-2022 terhadap Triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01%.
Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

BACA JUGA: Pemkot Cimahi Luncurkan Aplikasi Uptodate dan SP2D Online

Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

BACA JUGA:  Plt Wali Kota Cimahi Harap Warga  Termotivasi Pelajari Quran

Terakhir, Jhonny dalam pidatonya berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia supaya memaknai dan terus memelihara semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur